Sejarah Desa Pangpong

    Desa Pangpong merupakan desa yang terletak di Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Secara geografis, sebelah utara desa ini berbatasan dengan desa Labang dan desa Morkepek, sebelah timur berbatasan dengan Sukolilo Barat. Sebelah selatan berbatasan dengan desa Kesek dan Sukolilo Barat. Sebelah barat berbatasan dengan desa Kesek, Labang. Luas desa Pangpong ini adalah 217.905 Ha atau 2.18 Km2. Desa ini terdiri dari 4 dusun, diantaranya dusun Nyiur, dusun Ganding,, dusun Barat Leke, dan dusun Masjid, dengan jumlah penduduk sekitar 2.547 orang dengan kepala keluarga sebanyak 679 KK.     
    
    Konon, pada jaman dahulu kala hiduplah seorang sesepuh yang bernama Embah Karimah yang hidup di sebuah perkampungan di tengah hutan. Embah Karimah adalah seorang yang sangat dihormati di perkampungan itu. Pada suatu hari di perkampungan itu kedatangan seorang musafir dari Mesir yang bernama Syech Sayuti, kedatangannya untuk bertapa dan sekaligus menyiarkan agama Islam.

    Beberapa tahun kemudian Syech Sayuti wafat, lalu suatu keajaiban terjadi. Tanpa ada orang yang menanam tumbuhlah dua batang pohon di atas pemakamannya yaitu pohon Klompang yang besar dan pohon Nyamplong, yang akhirnya perkampungan tersebut diberi nama Desa Pangpong (Pang : pohon Klompang dan Pong : pohon Nyamplong).